I. Expresi
Salam dan Perkenalan
Dari Wikibooks Indonesia, sumber buku teks bebas berbahasa Indonesia
http://id.wikibooks.org/wiki/Panduan_Berbahasa_Inggris |
Salam dan Perkenalan (Greetings and Introduction)
Ucapan salam biasa digunakan untuk menyapa orang lain. Ungkapan
perkenalan biasa digunakan untuk memperkenalkan diri atau menanyakan
identitas orang lain.
Salam (Greetings)
Biasanya setelah mengucapkan salam, diiringi dengan menanyakan kabar
orang yang disapa. Di bawah ini beberapa ungkapan salam yang biasa
digunakan serta ungkapan yang digunakan untuk menanyakan/menjawab
kondisi seseorang.
Selamat Pagi | Good morning |
Selamat Siang | Good afternoon |
Selamat Malam | Good evening |
Selamat Malam/Selamat Tinggal/Selamat Tidur | Good night |
Selamat Tinggal | Good bye |
Sampai Jumpa | See you |
Halo atau Hai | Hello atau Hi |
Apa kabar? | How are you? |
Baik-baik saja | I'm fine. Thank you. atau Good |
Apakah kamu baik-baik saja? | Are you alright? atau Are you OK? |
Saya sedang sakit | I'm feeling sick atau I feel sick |
Saya sedang pusing | I have a headache |
Saya sedang flu | I have the flu/influenza |
Saya demam | I have a cold |
Saya merasa tidak enak badan | I am not feeling well |
Yah, begitulah/Biasa-biasa saja | Not bad |
Perkenalan Diri (Introduction)
Berikut adalah ungkapan-ungkapan yang biasa digunakan untuk bertanya tentang identitas seseorang/memperkenalkan diri- Hi, my name is
. And what's your name ? - Hi, how are you ?
Latihan (Exercise)
Cobalah berlatih pada situasi-situasi berikut.- Perkenalkan diri Anda pada teman Anda, abang, adik, atau guru. Sebutkan nama Anda, dari mana asal Anda, kelas berapa, dan tinggal di mana.
- Anda berperan sebagai guru bahasa Indonesia. Peragakan perkenalan di hadapan siswa-siswa.
- Sapa teman Anda dengan bahasa Inggris.
Role Play dengan Imaginative personality
Rasionalisasi: Dalam praktek berbahasa diseyogyakan untuk berbahasa
secara natural karena kalau berkenalan dengan orang yang sudah kenal,
suasana menjadi kering dan tidak bermakna. Untuk mendorong rasa ingin
tahu, gunakan imaginative personality.
Cara berpraktik:- Buat kelompok minimal beranggotakan 3 orang, kemudian masing-masing dengan membuat identitas diri baru mulai dari nama sampai dengan data pribadi yang biasa digunakan dalam perkenalan. Untuk memeriahkan suasana, gunakan data yang unik. Data tersebut tuliskan dalam kartu sebesar kartu bridge. Tambahi gambar penunjang bila perlu.
- Mulailah saling memperkenalkan diri dengan identitas baru tersebut. (Memperkenalkan diri)
- Setelah semua saling memperkenalkan diri, buat identitas baru lagi. Serahkan identitas baru kedua tersebut kepada teman di selah kanan anda, sehingga terjadi saling tukar indentitas baru kedua.
- Kenalkan teman dengan indentitas baru kedua kepada teman lain. (Memperkenalkan orang lain)
Menyatakan Persetujuan/Ketidaksetujuan
Ungkapan-ungkapan di bawah ini dapat digunakan untuk menyatakan persetujuan/ketidaksetujuan terhadap pendapat yang disampaikan orang lain.
Ungkapan Persetujuan
Untuk mengungkapkan persetujuan dapat menggunakan ekspresi-ekspresi sebagai berikut.- I agree with you
- I am with you (bisa berarti saya bersama kamu)
- I think you're right
- I think so
- I agree completely
Ungkapan Ketidaksetujuan
Untuk mengungkapkan ketidaksetujuan dapat menggunakan ekspresi-ekspresi sebagai berikut.- I don't agree with your opinion
- I'm not with you
- I don't think so
- I object ...
Contoh Penggunaan
A : I think "Friends" is very funny.B : I don't think so. I didn't understand why you laughed at it.
A : Hey, can you catch up the conversation in "Friends"?
B : Yes, a little bit. But I think I have a different sense of humour.
A : So, what about watching "Bajaj Bajuri". Do you think it's amusing?
B : I can accept it. What about you?
A : Yeah, I am with you.
Latihan
Bersama teman Anda, latihlah untuk menyatakan suatu pendapat, kemudian teman Anda menyatakan persetujuan/ketidaksetujuan terhadap pendapat Anda. Lakukan pula sebaliknya.http://id.wikibooks.org/wiki/Panduan_Berbahasa_Inggris
=======================================================================
Ungkapan Kepastian
Untuk mengungkapkan kepastian dapat menggunakan ekspresi-ekspresi sebagai berikut:- Yes, I'm absolutely sure he will
- Yes, I'm quite sure he will
- Yes, I'm certain he will
- Yes, I'm positive he will
- Yes, definitely
- Yes, certainly
- Yes, of course
- No, I'm absolutely sure he won't
- No, I'm quite sure he won't
- No, I'm certain he won't
- No, I'm positive he won't
- No, definitely not
- No, certainly not
- No, of course not
Contoh Penggunaan
Dialogue 1
Peter : Are you sure air pollution is more dangerous for children?Jim : Yes, I'm quite sure. It causes illnesses for them.
Anne : Are you sure all the garbage is easy to destroy?
Marry : No, I'm sure that the garbage like plastics are difficult to destroy
Dialogue 2
Rini: Rina, are you sure Sani will come? We have been waiting for her for more than 2 hoursRina: Don’t worry Rini, I’m sure)* she will come soon. Yesterday she promised to come.
Rini: I can’t say that for sure)** she will come.
Keterangan: *) Ungkapan keyakinan/kepastian, **) Ungkapan ketidakpastian/ketidakyakinan.
=======================================================================
Di bawah ini beberapa tips dan contoh penggunaan ungkapan yang
menyatakan kesukaan, ketidaksukaan, keinginan, dan ketidakinginan. Dalam
beberapa hal, ungkapan kesukaan dan keinginan mirip, namun berbeda
dalam penggunaannya. Ungkapan kesukaan menyatakan kesenangan seseorang
pada suatu hal, sementara ungkapan keinginan menyatakan apa yang
diingini/ingin dilakukan oleh seseorang.
Ungkapan untuk Menyatakan Kesukaan
Di bawah ini beberapa ungkapan yang dapat digunakan untuk menyatakan kesukaan.- I like ...
- I love ...
- I'd prefer ... than ... (untuk menyatakan tingkat kesukaan, lebih suka benda pertama daripada yang kedua, bisa juga digunakan untuk menyatakan keinginan)
- I don't like ...
- I don't love ...
- I like bananas
- I'd prefer to go to Bali than Hawaii
- I love this game
Ungkapan untuk Menyatakan Keinginan
Di bawah ini beberapa ungkapan untuk menyatakan keinginan.- I want to ...
- I'd like to ...
- I'd love to ...
- I don't want to ...
- I wouldn't like to ...
- I wouldn't love to
- I'd like to go to Bali
- I'd love to buy a new car
- I want to see that movie
Latihan
Pergunakan ungkapan-ungkapan di atas untuk menyatakan kesukaan Anda
atau keinginan Anda. Buat percakapan dan tanya jawab yang menarik dengan
teman Anda.
=======================================================================
II. Situasi
Di ruang makan
Beberapa kata yang sering digunakan di Ruang Makan
- Minta segelas air
May I have a glass of water? - Minta sup
May I have a cup of soup? - Ijin duduk
Can I sit here? - Silakan
Please - Selamat makan
Have a nice meal - Terima kasih
Thank you - Vocabulary List
- Pintu 4 = Door 4
- Meja Kehormatan = Honourable table
Pengumuman
1.Telah hilang sebuah jam tangan merek G-Shock milik Abang Arcon.Bagi yang menemukannya harap menghubungi Abang Arcon, graha 15.
A G-Shock watch which belongs to Abang Arcon is missing.Whoever find it, please contact Abang Arcon, dormitory 15
2. Kelas 1.2 harap berkumpul setelah makan siang di plaza pancasila
A G-Shock watch which belongs to Abang Arcon is missing.Whoever find it, please contact Abang Arcon, dormitory 15
2. Kelas 1.2 harap berkumpul setelah makan siang di plaza pancasila
(To the members of class 1.2, please gather after lunch at Plaza Pancasila)3. Abang kelas tiga yang meminjam buku biologi kelas 1 terbitan erlangga harap mengembalikan kepada siswa Ari Condro, kelas 1-4 !
(To the third-grade student who borrowed a first-grade Biology book published by Erlangga, please return it to Ari Condro, student of class 1-4)
=======================================================================
Di ruang kelas
Salah
satu cara menciptakan lingkungan berbahasa inggris yang kondusif adalah
dengan membuat aturan yang mewajibkan siswa untuk menggunakan bahasa
inggris selama berada di dalam kelas. Semua keperluan harus diucapkan
dalam bahasa inggris seperti ingin izin ke kamar mandi, ingin bertanya,
minta diterangkan kembali, meminjam barang, dan sebagainya. Pertanyaan,
izin atau pernyataan yang disampaikan dengan bahasa indonesia harus
diabaikan. Tidak peduli siswa hanya mampu mengatakan "I go to WC" untuk
mengatakan bahwa ia minta izin untuk ke kamar mandi, misalnya. Dari situ
siswa akan memahami bahwa mereka harus mempersiapkan diri menghafalkan
kalimat untuk keperluan mereka di kelas. Dengan demikian, akan terbangun
motivasi siswa mencari jalan apapun agar mereka sanggup berkomunikasi
dengan bahasa inggris, paling tidak dengan guru di kelas. Dan
ujung-ujungnya kemampuan berbahasa Inggris mereka akan semakin baik dari
hari ke hari.
Beberapa ekspresi bahasa inggris yang bisa dihafalkan dan dibiasakan siswa di kelas antara lain:- "Excuse me Sir/Mam, I want to go to the bathroom"
- "Could you close the door, please?"
- "May I borrow your pencil, please?"
- "Could you lend me your book, please?"
- "Excuse me Sir/Mam, I have got a question"
- "I'm sorry sir/mam, I dont understand, could you repeat once more, please?"
=======================================================================
Bertemu turis
MEETING A TOURIST (bertemu seorang pelancong)
FAUZI : Excuse me, sir! I'm a student of Universitas Pendidikan Indonesia. I have a task about interviewing a foreign tourist. Do you mind if I talk with you for a minute? Mr. MARCUS : Sure. F : Would you tell me why are you visiting Indonesia? M : Well, I like to see the beautiful scenery of Indonesia. Besides, I'm a geographer. I come to see Indonesia's geography. F : Where do you come from? M : I'm from Germany. F : Who did you come here with? M : I came here with my wife and children. They're enjoying the sunset right now. F : How long are you going to stay in Indonesia? M : Not more than a month, about three weeks. F : Alright, sir. Thank you for your cooperation. See you later. M : You're welcome. See you later.
========================================================================
Di ruang olahraga
A: "what are you doing tomorrow evening?"
B: "I am going to do nothing tomorrow evening"
A: "would you like to play tennis with me tomorrow evening"
B: "yes I do like to play tennis"
A: "okay let's get together tomorrow evening to play tennis"
B: "yes that would be great"
B: "I am going to do nothing tomorrow evening"
A: "would you like to play tennis with me tomorrow evening"
B: "yes I do like to play tennis"
A: "okay let's get together tomorrow evening to play tennis"
B: "yes that would be great"
=======================================================================
Baris berbaris
Di bawah ini adalah beberapa perintah baris berbaris dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
1. Siap, grak ...
1. Siap, grak ...
(Atten ... tion)2. Istirahat di tempat, grak ...
(At ease ...)3. Hormat, grak ...
(Salute ...)4. Bubar, jalan ...
(Dismissed ...)
=======================================================================
=======================================================================
III. TIPS
Tips Tata Bahasa
Salah satu tips belajar tata bahasa Inggris adalah sebagai berikut
Sebagai contoh kalimat di bawah ini diambil secara acak dari bbc.com:
Dari kalimat di atas kita dapat belajar
- Ambil kalimat dalam bahasa Inggris
- Hapalkan kalimat tersebut
- Pikirkan kalimat tersebut secara berulang kali
Dengan menggunakan cara ini, kita dapat belajar bahwa suatu kalimat
disusun dari SUATU struktur dan bukan dari struktur YANG LAIN. Dari
pengamatan terhadap kalimat tersebut, kita dapat menggali lebih dalam
apa yang ada pada kalimat tersebut dan apa yang tidak ada di kalimat
tersebut.
Sebagai contoh kalimat di bawah ini diambil secara acak dari bbc.com:
- "At least one policeman was injured in the explosion which happened when security forces were patrolling in the port city of Trincomalee"
Dari kalimat di atas kita dapat belajar
- bahwa penulisan yang benar adalah patrolling (dengan 2 L) dan bukan patroling (dengan 1 L)
- TIDAK dikatakan "which was happening when security forces were patrolling" karena alasan tertentu
- dituliskan "one policeman" dan bukan "1 policeman" karena alasan tertentu
- alih-alih hanya dituliskan "in Trincomalee", di situ ditambahkan informasi dengan mengatakan "in the port city of Trincomalee". Dengan demikian kita juga dapat menggunakan struktur yang sama untuk tujuan yang lain, misal "I studied in the small town of Magelang" sebagai pengganti "I studied in Magelang, which is a small town" yang lazim kita gunakan.
Dalam menulis dalam bahasa Inggris, terutama untuk bidang akademik,
kita perlu menggunakan tata bahasa (grammar) yang baku, seperti halnya
penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Meskipun demikian
dalam realita, terutama untuk percakapan sehari-hari, grammar tidaklah
diutamakan. Peletakan kata yang terbolak-balik masih dapat dimaklumi,
selama kata kunci (keywords) diucapkan, dan kalimat masih dapat
dimengerti lawan bicara. Misal: I want to sit on that chair; On that
chair I want to sit. Ini mirip penggunaan bahasa Indonesia oleh para
serdadu Belanda jaman perang dahulu (Saya mau duduk di situ; Di situ
saya mau duduk; Mau duduk di situ saya; Duduk di situ saya mau).
Penekanan pada 'kata kunci' (keywords) juga jadi trik utama dalam
upaya mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris (listening). I want to sit on that chair. Perhatikan kata I, sit, chair.=======================================================================
Reference : Tips on studying foreign languages |
READING and WRITING a foreign language are analytical skills.
You may be good at these if you are a logical person who attends to detail.
Train yourself through practice to notice and remember details such as accents and gender agreement.
READING SKILLS TIPS:
1. First, read the vocabulary list for the assignment.
Next, read the questions about the reading. Then read all the way through
a new passage two or three times, guessing at meaning from context.
Avoid word-by-word translation. It is a waste of time!
2. Isolate new vocabulary and study it separately.
DON'T write between the lines! Make flash cards.
Carry them with you and recite them several times during the day
at odd moments. Overlearn them until they are automatic.
3. Isolate new grammatical forms and study them separately.
Write the pattern on a flash card and memorize it. Write out and label
a model sentence. When you encounter the form while reading, pause and
recite the pattern to recognize the form.
WRITING SKILLS TIPS:
1. Pay attention to detail: notice accents, order of letters, etc.
Compare letter-by-letter different forms (singular, plural, gender, etc.)
Write out conjugations of verbs, declensions of pro-nouns, etc.,
and check your endings. Memorize irregular verbs.
2. To master spelling, have a friend dictate 10 words to you.
Write them out and immediately have your friend spell them correctly
aloud while you look carefully and point at each letter.
Repeat until you get all the words right.
3. Write (in your own simple foreign vocabulary words) a story
you have just read.
LISTENING and SPEAKING are performance skills.
You may do well at these if you are naturally outgoing.
Students in foreign language classes often have difficulty hearing
and speaking because they are anxious about making mistakes.
It's OK to make mistakes! Have fun trying to speak!
LISTENING SKILLS TIPS:
1. Frequent the language lab. Read the exercises in your book first;
then listen and read together; then listen without looking at the print.
Say aloud/write what you hear.
2. Participate silently in class when others are called on to speak.
Focus on the task; don't worry about how you'll do.
3. If you feel nervous, relax yourself physically by taking
a couple of slow, deep breaths. When called on, pause, relax, and give
yourself time to respond.
4. Listen while a friend dictates to you and write what you hear.
Check for accuracy.
5. Practice: join language clubs, watch foreign TV,
listen to foreign radio.
SPEAKING SKILLS TIPS:
1. Study out loud! Mimic the sounds of the language. Don't mumble.
Although most people feel embarrassed making strange sounds,
the language will soon feel more familiar to you.
2. When called on in class, say something, even it it's wrong:
you'll learn from it. If you need a moment to think, repeat the question.
If you don't know the answer, say in your foreign language,
"I don't know" or "help!"
3. Practice with a foreign student
who wants your help to learn English or with another class member.
(Reference source: english-zone.com
http://bukuterbuka.multiply.com/journal/item/12)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar